Berbagai Manfaat Coding

Manfaat yang dirasakan ketika terbiasa coding


Teknologi berkembang begitu pesatnya, dimulai dari munculnya komputer pada tahun 1940-an yang bentuknya begitu besar sehingga bisa menempati seluruh ruangan saat itu. Hingga saat ini berubah dalam bentuk portabel yang bisa dibawa ke mana saja karena ukurannya yang mungil dan bisa dimasukkan ke dalam tas. 

Semua ini bisa terjadi karena ada peran dari programming yang membuat segalanya menjadi lebih simpel. Programming membantu menyelesaikan setiap masalah yang ada untuk memudahkan hidup manusia, setidaknya begitu. Mungkin bagi sebagian orang programming itu ada karena untuk menyelesaikan masalah dengan skala besar, padahal semua itu bermula dari keresahan diri sendiri.

Programming atau bisa disebut dengan coding sudah menjadi hal yang biasa kita temui di mana pun dan kapan pun. Coding bukan lagi menjadi hal eksklusif untuk seseorang yang belajar di bidang teknologi, tetapi siapa pun bisa mempelajarinya. Steve Job pernah berkata "Semua orang di negara ini harus belajar pemrograman karena itu mengajarkan Anda cara berpikir"

Nah oleh karena itu, ada beberapa manfaat dari coding khususnya untuk self-development yang akan dibahas di bawah ini:

Melatih Kreativitas

Dalam coding, kreatif juga diperlukan


Ketika pertama kali belajar, pastinya kita akan mencoba perintah-perintah simpel seperti memunculkan hasil operasi bilangan atau memunculkan hasil ketikan yang dimasukkan ke dalam program. Setelah itu akan muncul rasa penasaran untuk belajar lebih dalam lagi atau mencoba untuk mengombinasikan semua hal yang sudah dipelajari. Pastinya kita akan menemukan berbagai masalah seperti eror atau hasilnya tidak keluar.

Oleh karena itu kita akan dipaksa secara tidak sadar untuk mencari cara bagaimana agar program yang dibuat berjalan dengan lancar. Tentunya akan banyak proses trial and error dalam pengerjaannya. Akan tetapi, ini akan melatih kemampuan analisa kita ketika menghadapi suatu masalah sehingga bisa menyelesaikan masalah yang lebih kompleks ke depannya.

Perlu diingat, ketika coding tidak ada satu solusi pasti untuk menyelesaikan satu masalah. Yang ada hanyalah apakah yang kita buat ini efektif atau tidak, efektif di sini adalah apakah kode yang dibuat mudah untuk kita mengerti, modifikasi, dan dijaga. Untuk hal yang satu ini memang butuh jam terbang yang banyak sih.

Melatih Kesabaran 

Saat kita memulai coding akan ada banyak masalah yang datang dan eror adalah makanan sehari-hari. Bagi orang-orang yang baru saja memulai coding akan merasa pusing. Eror adalah hal yang wajar, tetapi terkadang hal tersebut membuat kita kesal. Apalagi kalau code yang sudah kita kerjakan sudah ratusan baris, mau tidak mau harus periksa baris demi baris.

Di situlah kesabaran kita di uji karena jarang sekali ada code dalam sekali pembuatan bisa berhasil ketika berjalan. Pasti ada saja eror atau keluaran yang tidak sesuai. Mau tidak mau, suka tidak suka harus sabar memeriksa dan mencari solusi yang tepat. Kita harus yakin setiap masalah yang ada pasti ada solusinya, hanya saja dibutuhkan kesabaran. 

Oleh karena itu, coding secara tidak langsung bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari karena kesabaran ketika mencari eror saat coding setidaknya bisa bermanfaat ketika kita menghadapi situasi yang sulit.

Teliti Terhadap Hal Kecil

Di balik kesabaran ketika coding, tentu kita harus teliti terhadap detail-detail kecil pada kode yang sudah kita buat. Kita membuat kode atau program yang diterjemahkan oleh komputer, satu perbedaan kecil saja bisa membuat komputer salah mengartikan apa yang kita maksud. Ketelitian menjadi kunci utama yang kita dapatkan saat coding, awalnya memang berat tapi lama-lama akan terbiasa kok. 

Oleh karena itu, kita harus bisa membuat kode sedetail dan seefisien mungkin agar tidak hanya mudah dibaca oleh komputer saja, tetapi mudah dipahami oleh orang lain. Dari situ, muncullah tantangan baru yaitu bagaimana menulis apa yang ada di pikiran kita ke dalam bentuk bahasa pemrograman yang mudah di baca.

Selain itu, secara terus-menerus kita akan menatap layar untuk mencari kekurangan. Perlu diperhatikan juga sesekali beristirahat dengan berkedip setiap beberapa menit sekali atau keluar melihat pemandangan yang indah-indah. 

Membangun Kebiasaan Untuk Terus Belajar

Banyak sekali bahasa pemrograman yang ada saat ini


Saat kita mempelajari satu bahasa pemrograman, akan ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa kita pelajari. Oleh karena itu, jangan pernah merasa cukup atas apa yang kita kuasai karena sekali saja kita merasa cukup maka kita tidak akan pernah berkembang. Belajar terus-menerus hingga belajar itu sendiri menjadi sebuah habits. Setidaknya kita memiliki tujuan yang jelas, yaitu ingin menguasai bahasa pemrograman yang sedang digunakan. 

Kita juga harus sadar pada perkembangan teknologi dari waktu ke waktu yang berdampak pada perubahan ekosistem pemrograman. Sehingga, akan bermunculan bahasa pemrograman baru yang lebih efisien dalam artian untuk menjalankan suatu perintah tidak membutuhkan kode yang panjang. Perubahan ini memaksa kita setidaknya untuk tahu secara umum bahasa pemrograman ini meskipun dalam waktu dekat tidak akan dipakai.

Membuka Peluang Baru 

Banyak lowongan seputar programming

Berkembangnya industri yang saat ini berlomba-lomba dalam digitalisasi produk yang mereka miliki memunculkan banyak peluang baru. Di antaranya adalah banyak lapangan pekerjaan dibidang programming seperti Data Scientist, Software Engineer, dan Data Engineer.

Menariknya lagi adalah siapa pun bisa belajar coding, karena bisa coding saja tidak cukup, harus juga memahami proses bisnis di tempat kita bekerja. Tidak sedikit juga perusahaan mencari calon karyawan yang tidak hanya paham tentang coding, tetapi juga memahami bagaimana produk atau layanan di perusahaan tersebut berjalan. Sehingga, karyawan bisa menerapkan proses bisnis yang ada ke dalam bentuk coding. 

Banyaknya sumber belajar yang gratis juga menjadi kemudahan untuk kita sendiri yang masih buta akan coding. Penjelasan yang diberikan pun mudah dipahami, tinggal bagaimana kita sendiri bisa memanfaatkan hal tersebut.

Belajar coding bisa menjadi sangat menyenangkan dan menyebalkan di saat yang bersamaan. Tinggal bagaimana kita bisa menyikapi hal tersebut, karena mempelajari suatu hal tidak ada yang instan. 

Jadi, apa kalian tertarik belajar coding?

Posting Komentar