Jagat, Aplikasi Pencari Teman Sefrekuensi!

Aplikasi sharing lokasi real time, Jagat.

Teknologi yang semakin canggih memudahkan kita untuk berinteraksi dengan siapa pun di mana pun kita berada. Istilah kerennya sih “mendekatkan yang jauh”, sehingga memudahkan kita untuk memperluas relasi. Akan tetapi, luasnya pilihan menyulitkan kita untuk memilah circle mana yang bisa kita pilih karena banyaknya pilihan yang menarik. Tenang, untuk masalah ini ada satu solusi yang bisa menjadi jawaban atas permasalahan ini. Jawabannya adalah aplikasi Jagat!

Jagat adalah aplikasi berbasis lokasi secara real-time yang bermanfaat untuk melihat lokasi orang yang kita sayangi seperti keluarga, teman, sampai pasangan. Selain itu, Jagat bisa digunakan untuk mencari teman sefrekuensi dengan minat yang sama. Sehingga, memudahkan pengguna untuk saling berinteraksi.

Tampilan aplikasi yang berwarna menjadi daya tarik tersendiri karena serasa berada di dunia berbeda dan lebih unik dibandingkan aplikasi pelacak lokasi lainnya. Bisa jadi sengaja dibuat seperti begitu agar proses interaksi satu sama lain terlihat menarik.

Fitur Apa Saja sih Yang Ditawarkan Jagat?

Tentunya tampilan yang menarik harus dibarengi dengan fitur yang menarik juga agar menjadi aplikasi yang sempurna. Jagat menawarkan dua hal tersebut sekaligus yang pastinya membuat kita ketagihan untuk menggunakannya secara terus menerus. Berikut beberapa fitur rekomendasi dariku

Location Sharing

Sharing lokasi dengan orang tersayang

Saat pertama kali kita membuka Jagat, tampilan pertama kali yang disuguhkan adalah fitur ini. Di mana fitur ini menampilkan lokasi kita saat ini, ya mirip dengan aplikasi sharing lokasi pada umumnya. Kita bisa menyalakan fitur Radar untuk mencari tahu siapa saja pengguna yang sedang aktif dan ada di sekitar kita.

Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah kita bisa meng-zoom out map sehingga cakupan wilayah lebih luas dan kita akan bisa melihat beberapa pengguna yang aktif tidak hanya di satu kota saja, tetapi bisa antar kota dan antar provinsi. Oh, ya fitur in berjalan secara real time selama kita mengaktifkan GPS dan terkoneksi dengan internet.

NOW

NOW, fitur terkini update keseharianmu secara real time

Bisa dibilang fitur ini adalah lanjutan dari fitur Location Sharing. Saat kita berada di lokasi tertentu dan ingin membagikan foto atau video di lokasi tersebut maka fitur inilah jawabannya. Konsepnya hampir sama dengan fitur share status di beberapa media sosial, yang berbeda adalah NOW hanya bisa mengunggah foto dan video secara real time, tidak bisa upload dari foto atau video yang sudah ada.

Semua foto atau video yang pernah kita unggah tidak akan hilang begitu saja, tetapi akan disimpan ke dalam arsip yang sudah disiapkan oleh Jagat. Sehingga, kita bisa nostalgia kembali dengan momen-momen yang pernah kita jalani.

Planet

Cari teman sefrekuensi menggunakan Planet!

Fitur ini mengumpulkan berbagai foto dan video yang sudah diunggah menggunakan fitur NOW ke dalam satu tempat. Tempat yang diberikan adalah sebuah planet yang berisi momen-momen yang terkait dengan topik tertentu. Agar bisa masuk ke dalam fitur ini setiap unggahan yang kita kirimkan menggunakan fitur NOW harus disertai dengan hashtag yang relevan.

Kerennya, Planet tidak hanya menghubungkan kita dengan orang lain yang memiliki minat sama dalam satu negara saja. Melainkan menghubungkan kita dengan satu dunia, menari bukan? Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk menambah teman dari luar negeri, kurang keren apa coba?

Planet juga menyediakan fitur untuk menghubungkan kita dengan teman sealmamater saat sekolah dulu menggunakan Join Planet Campus. Kita tinggal memilih planet berdasarkan nama sekolah yang pernah kita hadiri sampai lulus. Ya, bisa dibilang sebagai ajang reuni satu sama lain.

Nearby Group

Cari kenalan baru di sekitarmu dengan Nearby Group

Bisa dibilang ini adalah skala kecil dari fitur Planet, di mana fitur ini lebih detail dari Planet karena hanya terfokus pada interaksi yang ada di daerah sekitar kita. Selain itu, tema grup yang disediakan lebih banyak dan detail dari pada Planet. Misalnya, pada fitur Planet ada Planet Kucing, nah di Nearby Group bisa lebih detail lagi seperti Pecinta Kucing Oyen.

Oleh karena itu, anggap saja fitur ini seperti grup-grup yang ada di media sosial lain di mana bahasan yang ditawarkan lebih detail dan eksklusif. Selain itu, bisa berbagi lokasi satu sama lain sehingga bisa menentukan titik kumpul yang berada di tengah-tengah para anggota dan mudah untuk dijangkau.

Pengalaman Menggunakan Jagat

Selama satu minggu aku menggunakan aplikasi ini saat waktu luang dan ya menurutku asyik sekali. Hal yang pertama kurasakan adalah bisa keliling dunia tanpa harus keluar dari rumah, karena banyak sekali pengguna Jagat di luar kotaku. Selain itu, pengguna yang menggunakan aplikasi Jagat juga aktif menggunakan fitur NOW di mana mereka selalu update kegiatan terbaru atau ketika sedang liburan.

Tampilan yang menarik dan interaktif juga menjadi nilai tambah aplikasi ini, di mana setiap fitur yang ada diberikan video tutorial untuk pertama kali agar kita paham bagaimana cara kerja fitur ini. Video yang ditampilkan juga mudah dimengerti untuk siapapun karena ditunjukkan apa saja yang bisa kita lakukan dengan fitur yang ada.

Ketika berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya, banyak sekali variasi grup yang ada sehingga tidak terlihat monoton. Memang, sebagian besar grup yang ada berasal dari kota besar seperti Jakarta, tetapi grup yang tersedia juga seru-seru kok.

Jagat sering kali melakukan update aplikasi secara berkala meskipun perbaikan kecil, tentu aku sangat senang sekali karena aplikasi berbasis real time seperti ini memang rentan akan bug dan error. Sehingga langkah dukungan yang dilakukan Jagat menurutku sudah sangat tepat.

Dengan segudang fitur menarik yang disediakan Jagat, aku sangat merekomendasi aplikasi ini untuk kalian coba. Karena kapanlagi kalian bisa jalan-jalan dan kenalan dengan orang baru di dunia virtual yang apik seperti Jagat?

Cuss langsung download aplikasinya di sini untuk pengguna Android dan di sini untuk pengguna iOS. Jangan lupa juga pantengin media sosial Jagat untuk dapat informasi dan update terbaru di bawah ini:

Instagram: @Jagatapp_id
TikTok : @Jagatapp_id

Lebih lamaTerbaru

9 komentar

  1. Aplikasinya unik menurutku, meski awalnya agak bikin bingung, tapi lama-lama bisa ikut merasakan seru juga. Saya ajak istri untuk instal aplikasi ini dan bisa saling tahu lokasi tanpa perlu nanya sedang dimana.

    BalasHapus
  2. Mantap ini, aku juga awalnya bingung sih, cuman pas udah cobain berbagai fiturnyaa jadi lumayan paham dan ngerti lah yaa.. ini beberapa hari nyoba bikin komunitas pencinta kucing nih

    BalasHapus
  3. Saya juga sudah download aplikasi jagat ini. Fitur-fiturnya memang keren dan sangat kekinian. Selain sangat bermanfaat, tampilannya juga sangat eyes catching, bikin betah explore-nya

    BalasHapus
  4. Ini aplikasi gokil sihh. Salah satu daya pikatnya, ya, tampilan UI/UX-nya yang gemoyy. Udah gitu dia full black, kaann. Terus juga di sini hisa lebih bebas, lebih leluasa kalau mau daily update karena enggak ada yang liat juga wkakakak

    BalasHapus
  5. Benar-benar pengalaman baru dan banyak belajar dengan aplikasi jagat ini. Seru mainnya

    BalasHapus
  6. Aplikasi Jagat ini bisa banget jadi pilihan aplikasi share loc yang anti ribet. Aku sampai sekarang masih aktif pakai aplikasi Jagat. Emang bener, di aplikasi Jagat kita bisa keliling dunia tanpa harus ke luar rumah..bisa ketemu banyak orang pula, makin lengkap deh.

    BalasHapus
  7. Lucu ya nama aplikasinya, aku juga sudah unduh dan coba aplikasinya lo, memang semenraik itu, bisa bertemu teman yang punya hobi sama, jadi seru kan ya

    BalasHapus
  8. Eh aku udah download aplikasi ini loh.. Dan keren banget ya, tampilan Jagat lain daripada yg lain, keren sih

    BalasHapus
  9. Pakai aplikasi Jagad berasa bisa keliling dunia, beneran nih? Penasaran ingin ikutan download aplikasi dan merasakan langsung fungsi aplikasinya.

    BalasHapus