Kemampuan Speaking Apik Erina Gudono

Erina Gudono


Erina Gudono, menjadi topik pembicaraan netizen akhir-akhir ini. Bukan karena membuat onar atau drama, justru ramai dibicarakan netizen karena menikah dengan salah satu anak presiden yaitu Kaesang Pangarep pada tanggal 10 Desember 2022.  Bagaimana tidak, anak Presiden RI satu ini yang menurutku cukup kocak karena tingkah lakunya di media sosial akhirnya pun menikah. Oleh karena itu, pernikahan Kaesang dengan Erina pun benar-benar ramai dibicarakan siapapun, di manapun, dan kapanpun. Selain itu, banyak sekali berita yang membahas persiapan sebelum menikah kedua sejoli ini, sehingga hal tersebut mudah diketahui para netizen.

Mungkin bagi sebagian orang akan merasa asing ketika mendengar atau membaca nama Erina Gudono untuk pertama kalinya. Perempuan dengan nama panjang Erina Sofia Gudono ini lahir pada tanggal 11 Desember 1996 di Pensylvania, Amerika Serikat. Selain itu, Erna adalah anak dari Alm. Prof. Muhammad Gudono yang merupakan Guru Besar di Universitas Gajah Mada dan Dra. Sofiatun Gudono.

Prestasi yang ditorehkan olehnya pun tidak main-main, dia lulus dari bangku perkuliahan dengan predikat cumlaude di Universitas Gajah Mada jurusan Administrasi dan Manajemen Bisnis. Tak sampai di situ saja, dia mendapatkan beasiswa S2 LPDP (lembaga Pengelola Dana Pendidikan) di Columbia University, Amerika Serikat jurusan Administrasi Publik.

Ada satu hal yang membuatku tertarik, yaitu kemampuan speaking yang dimilikinya. Semua itu bermula ketika aku melihat video profil Putri Indonesia tahun 2022 perwakilan DI Yogyakarta dan ternyata Erina yang mewakili Yogyakarta untuk mengikuti ajang kecantikan satu ini. 

Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dengan Fasih

Pada awalnya kukira Erina akan berbicara menggunakan bahasa Indonesia di video tersebut  karena ya namanya juga kompetisi dalam negeri jadi ya kupikir akan full dengan bahasa Indonesia. Tak disangka ternyata sejak awal dia berbicara dengan bahasa Inggris. Sungguh, sangat fasih sekali seolah-olah seperti sudah biasa berbicara sehari-hari dengan bahasa Inggris dan aksennya menurutku seperti bule-bule gitu. 

Selain itu, kosa kata yang digunakan juga tidak monoton, sehingga bermanfaat banget buat orang-orang yang ingin memperkaya kosakata dengan mendengarkan video pengenalan tersebut. Sudah begitu, tersedia subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang muncul secara bersamaan, jadi mempermudah pemahaman kita.

Teknik Speaking yang Apik

Sejak awal video hingga akhir, Erina benar-benar berbicara menggunakan tempo yang sangat baik. Tidak terkesan terburu-buru, tetapi tidak terdengar santai juga. Tekanan yang diberikan pada beberapa kata pun sangat terasa, sehingga akan membuat para pendengarnya terbawa suasana. Selain itu, intonasi yang diucapkan Erina cukup jelas sehingga enak didengar. 

Suaranya Mirip Narator Iklan

Memiliki teknik speaking yang apik dan rapi membuatku berpikir kalau Erina sangat cocok sekali sebagai narator iklan atau penyiar berita. Sungguh, bener-bener enak didengar dan informasi yang disampaikan benar-benar jelas. Ditambah kata-kata yang digunakan mudah dimengerti oleh awam sekalipun. 

Aksen yang Digunakan Unik

Dalam video pengenalan, ada beberapa kali Erina berbicara menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Awalnya karena hampir semuanya Erina berbicara menggunakan bahasa Inggris, kupikir ketika dia berbicara kata selain bahasa Inggris menyebabkan kesulitan untuk menggunakan aksen lainnya. Akan tetapi, dia bisa menyesuaikan aksen dengan kata yang diucapkannya, apik banget sih itu jadi terpukau aja gitu. 

Pada akhirnya, Erina menunjukkan bahwa warga Indonesia bisa berbicara bahasa selain bahasa Indonesia dengan fasih. Yang terpenting, bagaimana niatnya dalam mempelajarinya. Selain itu, kemampuan dalam memainkan tempo, intonasi, dan kosa kata menjadi fondasi utama dalam berbicara, apalagi di depan umum.

Jadi, tertarik untuk mengikuti jejak Erina?


Posting Komentar